10 resep donat enak
Resep Masakan

10 Resep Cara Membuat Donat Yang Enak dan Empuk

Siapa sih yang tidak pernah makan donat, kalian semua pasti udah pernah makan donat kan? pasti tau rasanya donat dan bentuk donat seperti apa kan. Nah jadi Anti Ribet kali ini memberikan resep cara membuat donat yang enak dan empuk.

Sementara jenis donat yang sangat beragam jenis varian kamu, sehingga sampai membingungkan mau dibawanya yang apa dan rasa apa. Bahkan Anti Ribet kali ini memberikan 10 resep cara membuat donat yang enak untuk kalian semua.

Baca Juga Jenis Donat

  1. Resep Cara Membuat Donat Dengan Praktis Dan Mudah
  2. Resep Donat Kampung Ternyata Mudah
  3. Cara Membuat Donat Tabur Gula Sederhana Namun Enak
  4. Cara Membuat Donat Singkong Yang Enak
  5. Resep Cara Membuat Donat Ubi Ungu Ternyata Mudah Dan Gampang
  6. Resep Cara Membuat Donat Asli Gampang di Jamin Enak
  7. Cara Membuat Donat Mini Yang Empuk dan lembut
  8. Resep dan Cara Membuat Donat Isi Selai Mudah dan Enak
  9. Resep dan Cara Membuat Donat Manis Spesial Enak dan Lembut Valentine
  10. Cara Membuat Donat Bentuk Lucu Dan Enak

Berikut Adalah 10 Cara Membuat Donat Yang Mudah dan Enak

 

1. Resep Cara Membuat Donat Asli Gampang di Jamin Enak

Buat kamu yang masih suka dengan original ini nih yang pas buat kamu, berikut adalah bahan yang harus kalian sediakan dan juga cara selamat datang diikuti.

Bahan:

  • 1 kg tepung terigu protein tinggi
  • 200 gram gula pasir
  • 22 gram ragi instan
  • ½ sendok teh bubuk kue
  • ½ sendok garam
  • 4 kuning telur
  • 200 gram mentega
  • 500 ml susu cair

Bahan Olesan:

  • Mentega
  • Cokelat yang sudah cair atau di tim
  • Meises cokelat
  • Selai
  • Gula halus
  • Bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu

 

Cara Membuat:

  • Campur tepung terigu, garam, ragi instan, gula, baking powder lalu aduk hingga rata dengan tangan.
  • Dan tambahkan kuning telur, lalu aduk kembali hingga merata.
  • Masukan susu sedikit demi sedikit, lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Tambahkan mentega, aduk lagi dengan gerakan memutar, sesekali banting adonan. Lakukan hingga adonan licin dan kalis, kurang lebih 15 menit.
  • Dipindahkan adonan menjadi satu dalam wadah, lalu diamkan hingga 1 jam dan tutup dengan kain bersih.
  • Pukul-pukul adonan hingga udara keluar hingga adonan kempes.
  • Bagi adonan menjadi 60 bagian, buat bulatan seperti bola. Diamkan lagi selama 10 menit.
  • Lubangi masing-masing adonan, lakukan dengan tangan untuk mendapatkan hasil terbaik.
  • Goreng hingga menguning dengan api yang sedang dan tidak terlalu besar, lalu membalikkan hingga semua bagian berwarna kuning keemasan.
  • Lalu angkat, dan tiriskan hingga dingin.
  • Lalu hiasi lah dengan toping sesuai selera kamu.

 

2. Resep Donat Kampung Ternyata Mudahnya Enak

Resep donat kampung yang sudah terkenal ini mudah sekali buat pembuatanya dan juga bahan-bahannya tidak sulit untuk cari, langsung saja ikutin step by stepnya.

Bahan:

  • 1 kg tepung terigu dengan protein tinggi
  • 6 kuning telur ayam
  • 100 gram susu bubuk
  • 200 gram gula pasir
  • 150 gram mentega
  • 4 sendok teh ragi instan
  • 450 ml air hangat
  • Minyak Goreng
  • Mentega secukupnya

 

Cara Membuat:

  • Menggunakan semua bahan yang lalu aduk menggunakan mixer hingga rata dan kalis (kurang dari 10 menit)
  • Diamkan adonan donat selama 30-45 menit hingga adonan mengembang
  • Setelah mengembang, kempeskan adonan dengan cara tinju-tinju adonan. Bentuk adonan seperti donat umunya.
  • Goreng donat dengan api sedang dalam minyak yang dicampur 1 sendok makan mentega. Tunggu hingga donat kuning keemasan, angkat.
  • Kampung Donat siap disajikan.

Catatan

Selama adonan benar-benar tercampur rata ya agar adonan lebih maksimal, dan kompilasi adonan mengembang kompilasi mengempeskan itu dengan benar-benar baik agar hasil juga maksimal.

 

3.Cara Membuat Donat Tabur Gula Sederhana Namun Enak

Donat pasti sudah sabar tidak lagi di telinga teman-teman karena donat ini sudah ada sejak kita belum ada hehhe, donat ini sudah ada sejak Zaman nenek kita, sedangkan donat adalah jajanan pasar yan populer menurut anti ribet. Dan kali ini Anti Ribet akan memeberikan cara membuat donat dengan taburan gula. lalu apa saja yang perlu dilakukan dan apa asaja bahanya berikut adalah cara dan bahan yang harus di sediakan,

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu dengan protein tinggi
  • 20 gram ragi instan
  • 1 sendok teh gula
  • 3/4 sdt garam
  • 1 sendok teh bubuk kue
  • 60 gram mentega (atau margarin)
  • 50 cc susu
  • 2 butir telur, ambil kuningnya saja
  • 210 cc udara
  • 600 gram gula halus

Cara Membuat:

  • Siapkan baskomiapkan besar.
  • Masukkan tepung, ragi instan, baking powder, garam, gula, kuning telur, dan susu.
  • Aduk dengan mixer, dengan kecepatan sedang sambil tuangkan air sedikit demi sedikit.
  • Ambil air terus hingga sedikit demi sedikit.
  • Tambahkan mentega dan proses dengan mixer menggunakan kecepatan tinggi selama 20 menit.
  • Bentuk adonan jadi bulat, diamkan sekitar 1 menit.
  • Buat adonan jadi 20-24 bola-bola kecil, diamkan 10 menit.
  • Buat adonan sedikit pipih dan buat lubang di tengahnya bentuk donat sempurna.
  • Diamkan donat selama 30-40 menit, jangan lupa dibalik.
  • Goreng hingga menguning dengan api yang sedang dan tidak terlalu besar, lalu membalikkan hingga semua bagian berwarna kuning keemasan.
  • Lalu angkat, dan tiriskan hingga dingin.
  • Taburi dengan gula halus.

Catatan

Sebagai kesimpulan Pastikan kompilasi besar juga tersedia untuk membuat benar-benar bulat agar lebih baik kompilasi penggorengan api jangan terlalu besar agar bisa merata dan juga tidak gosong.

 

 

 

4. Resep dan Cara Membuat Donat Manis Spesial Enak dan Lembut Valentine

Hari valentine biasa itu identik dengan cokelat atau dengan bunga kan, Tapi ternyata tidak hanya itu, ternyata itu adalah donat valentine loh dan rasanya gak kalah nikmat psatinya berikut cara membuat donat spesial valentine.

Bahan:

  • 1 kg tepung terigu yang proteinnya baik
  • 200 gram gula pasir
  • 22 gram ragi instan
  • 1/2 sensok untuk baking powder
  • 1 sensok teh garam
  • 4 kuning telur
  • 200 gram mentega
  • 500 ml susu cair

Bahan Olesan:

  • Cokelat putih
  • Cokelat merah
  • Percikan

 

Cara Membuat:

  • Campur tepung terigu, ragi instan, baking powder, gula dan garam, aduk sampai rata dengan tangan.
  • Campurkan kuning telur, aduk hingga rata kembali dan bentuk butiran halus.
  •  Dan tambahkan susu sedikit demi sedikit, aduk hingga tercampur rata.
  • Tambahk mentega dan aduk lagi dengan gerakan memutar, sesekali banting adonan. Lakukan hingga adonan licin dan kalis, kurang lebih 15 menit.
  • Kumpulkan adonan menjadi satu dalam wadah. Diamkan selama 1 jam dan jangan lupa gunakan kain bersih.
  • Pukul-pukul adonan sampai udara keluar sampai adonan kempes.
  • Bagi adonan menjadi 60 bagian, buat bulatan seperti bola. Diamkan lagi selama 10 menit.
  • Lubangi setiap adonan, untuk hasil yang memuaskan, lakukan dengan tangan.
  • Goreng hingga menguning dengan api yang sedang dan tidak terlalu besar, lalu membalikkan hingga semua bagian berwarna kuning keemasan.
  • Lalu angkat, dan tiriskan hingga dingin.
  • Tim cokelat merah dan putih hingga menghasilkan cokelat warna pink. Celupkan donat ke dalamnya, lalu taburi dengan taburan. Diamkan, dan setelah mengering bisa disajikan.

Catatan

Untuk tim atau yang akan di celupkan bisa sesuai dengan selera dan apa saja yang bisa, dapatkan adonan yang sebelum di buat sebelumnya telah kempes dan di diamkan hingga 1 jam agar hasil yang lebih bagus ya.

 

5. Cara Membuat Donat Bentuk Lucu Dan Enak

Cara Membuat Donat Bentuk Lucu – donat gak cuman bulat dan berlubang tenganya juga kita bisa buat dengan gaya dan hidangan kita agar nabati makan donat semakin nambah kita bisa bentuk donat dengn bentuk kesukaan kita nih coba rasa masih sama kayak berbeda. Berikut adalah cata membuat donat berbentuk lucu.

Bahan Roti:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram susu bubuk
  • 120 gram gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • 4 sdt ragi instan
  • 4 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 170 ml es
  • 130 gram margarin
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng

Bahan Toping:

  • 300 gram cokelat masak pekat, lelehkan
  • 600 gram cokelat masak warna hijau,
  • 600 gram cokelat masak warna kuning
  • 50 gram potongan almond
  • 100 gram chip choco putih

Cara Membuat Donat:

  • Dikeluarkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, baking powder, dan ragi instan, aduk sampai rata.
  • Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis.
  • Tambahkan margarin dan garam, lalu aduk lagi hingga elastis. Diamkan 30 menit.
  • Kempiskan adonan. Timbang adonan masing-masing 40 gram dan bulatkan. Diamkan lagi 10 menit.
  • Adonan pipihkan. Bentuk bulat pipih, lalu lubangi tengahnya.
  • Letakkan di loyang yang sudah ditaburi tepung. Diamkan 45 menit hingga mengembang.
  • Goreng donat dalam minyak yang telah dipanaskan dengan api kecil hingga kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan.
  • Untuk toping, bagi cokelat putih menjadi 3 bagian. Tambahkan pewarna pada 2 bagian dan aduk rata. Satu bagian dibiarkan putih.
  • Celup donat ke dalam cokelat berwarna, lalu hias dengan chip choco, almond, dan cokelat masak pekat dalam bentuk katak, lebah, atau ayam.
  • Bagaimana lucu kan hasilnya. Atau kamu juga bisa membuat bentuk-bentuk lain dengan bahan yang tersedia. Selamat berkreasi, teman.

Catatan

Dalam Pembentukan macam-macam bentk yang lucu tidak perlu lama agar lebih bagus dan enak lebih enak ya.

 

6. Resep dan Cara Membuat Donat Isi Selai Mudah dan Enak

Hanya itu donat tangahnya bolong taoi tidak dengan donat satu ini, donatnya tengahnya malah dipenuhi dengan selai yang sesuai dengan selera yang pasti membuat donat jadi enak banget berikut ini cara buat donat isi selai.

Bahan:

  • 1 kg tepung terigu dengan protein baik
  • 2 butir telur
  • 10 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan ragi instan
  • 4 sendok makan margarin
  • 200 gram selai sesuai selera kamu
  • 100 ml udara bersih
  • Gula halus secukupnya untuk di taburkan

Cara Membuat:

  • Campur tepung terigu dan ragi instan aduk hingga rata.
  • Tambahkan telur, margarin, gula pasirdan, aduk semua hingga rata.
  • Aduk adonan hingga kalis dan tidak lengket lagi di tangan.
  • Diamkan selama 1 jam dan tutup adonan dengan kain bersih.
  • Tunggu hingga adonan mengembang dua kali ukuran awal.
  • Jika sudah mengembang, pukul-pukul adonan hingga mengempes kembali.
  • Buatlah adonan pipih sekita 10 gram dan isi dengan selai, lalu bulatkan kembali dan buat lah semua adonan seperti itu habis.
  • Diamkan adonan selama 15 hingga 20 menit.
  • Goreng lah donat dengan menggunakan api yang sedang dan goreng hingga donat agak menguning, dan angkat serta tiriskan hingga dingin.
  • Donat yang sudah dingin bisa di tata dan di taburkan gula bubuk sepenuhnya.
  • Donat Isi Selai siap disajikan.

Catatan:

Untuk selai bisa selai rasa apa saja dan juga ukuran sesuai selera tetapi jangan terlalu besar.

 

 

7. Cara Membuat Donat Mini Yang Empuk dan Lembut

Pernah gak sih kamu makan donat yang ukuranya kecil? pasti pernah ya, taukah kalian dalam pembuatnaya ternyata tidak terlalu sulit, kali ini anti ribet akan membagikan resep donat ini dan juga cara membuat sekalian.

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 8 sensok makan gula pasir
  • 2 sendok teh fermipan
  • 2 butir telur
  • Susu cair secukupnya
  • 6 sdm mentega
  • Minyak goreng

 

Cara Membuat:

  • Tepung terigu, gula, fermipan, dan telur. Aduk sampai merata. Tambahkan susu sedikit demi sedikit. Aduk sampai adonan kalis (hentikan pemberian susu jika adonan sudah kalis)
  • Tambahkan mentega. aduk kembali sampai adonan kalis. Diamkan adonan sekitar 45 menit dan tutup dengan kain bersih. jika adonan mengembang kempiskan kembali adonan. Bagi adonan menjadi beberapa. buat jadi donat, kecil, atau pakai cetakan donat yang dijual di pasaran. Diamkan lagi selama 15 menit. Tutup dengan kain.
  • Setelah selesai, goreng donat dengan minyak panas dan api jangan terlalu besar agar tidak gosong dan donat matang penuh. Angkat dan tiriskan minyaknya.
  • Tata dan Beri topping sesuai selera.

Catatan

untuk susu jangan terlalu banyak menuangnya dan usahakan kompilasi mengadonuaikan bener-bener rata ya, dan juga mengempiskan kembali adonan dilakukan dengan tinju-tinju adonan hingga kempis semula agar hasil maksimal.

 

 

8.Cara Membuat Donat Singkong Yang Enak

Biasnaya donat di buat dengan tepung atau pun kentang ya belum ada orangnya dulu kalo memasak donat pakai singkong lo, dan ternyata enak banget banget, kamu harus coba resep ini beneran deh di jamin gak tolong ya susah hehehe.

Bahan:

  • 800 gram singkong, bersihkan, potong, kukus dan haluskan
  • 800 gram tepung terigu
  • 20 gram baking powder
  • 4 butir telur ayam
  • 100 gram susu bubuk full cream
  • 200 gram gula halus
  • 20 gram ragi instan
  • 3 sendok teh garam
  • 300 ml udara bersih
  • 200 gram margarin
  • Minyak goreng

Cara Membuat:

  • Siapkan baskom besar, masukkan singkong, tepung terigu, ragi instan, baking powder, garam, gula halus dan juga susu bubuk. Aduk hingga merata.
  • Masukkan telur dan tambahkan sedikit demi sedikit dan aduk lagi sampai rata.
  • Pilih margarin dan aduk sampai adonan kalis.
  • Bentuk bulat adonan dan dibiarkan selama kurang lebih 1 jam sampai mengembang.
  • Selanjutnya bentuk seperti layaknya donat biasanya.
  • Goreng hingga menguning dengan api yang sedang dan tidak terlalu besar, lalu membalikkan hingga semua bagian berwarna kuning keemasan.
  • Lalu angkat, dan tiriskan hingga dingin.
  • Tata dan Sajikan dengan topping sesuai selera Anda.

Catatan

Untuk menambahkan, menambahkan, lalu lalu waktu untuk penggorengan api tidak terlalu kering agar tidak terkontaminasi, dan menambahkan gosong, di tambahkan toping atau rasa yang sesuai dengan selera Anda.

 

 

9. Resep Cara Membuat Donat Dengan Praktis Dan Mudah

Donat? donat adalah makanan bulat dengan lubang di tangahnya, ternyata donat ini ada yang dibuat praktis dan mudah namun enak juga enak banget loh. Anti Ribet telah merangkum cara membuat donat praktis dan enak dan juga enak.

Bahan:

  • 1 kg tepung terigu kualitas baik
  • 11 gram ragi instan
  • 6 sdm margarin
  • 4 sdt garap
  • 4 butir telur
  • 400 cc udara
  • 8 sendok makan gula pasir
  • 6 sdm susu bubuk / susu kental manis

Topping / Varian Rasa:

  • Gula pasir yang di haluskan
  • Coklat dilelehkan
  • Meses coklat / warna-warni.

 

Cara Membuat:

  • Masukkan telur dan kocok lalu masukan terigu, gula, garam, susu, mentega dan aduk sampai rata.
  • Tambahkan ragi dalam air, aduk dan masukkan ke dalam adonan. Aduk hingga kalis dan diamkan pada baskom tertutup sampai adonan mengembang selama 20 menit.
  • Bentuk adonan menjadi beberapa bagian dan diletakkan di alas yang sudah ditaburi tepung terigu agar tak lengket. Lakukan sampai adonan habis dan diamkan selama 20 menit.
  • Panaskan minyak goreng, buat adonan jadi berlubang seperti donat dan goreng dengan api kecil. Goreng sampai kekuningan, lalu angkat dan tiriskan.
  • Sekarang sampaikan memberi topping. Anda bisa langsung memberi taburan gula halus atau celupkan dalam coklat leleh dan taburi meses, lalu dinginkan.
  • Donat mini lezat siap disajikan.

Catatan

Pengembangan waktu benar-benar adonan mengembang ya. kompilasi penggorengan kompilasi minyak sudah panas disetujui api jangan terlalu besar agar donat matang merata dan juga tidak gosong ya.

 

 

10. Resep Cara Membuat Donat Ubi Ungu Ternyata Mudah Dan Gampang

Donat adalah makanan unik yang dapat dibuat jadi apa saja dan rasa apa saja, namun berbeda kali ini Anti Ribet kali ini akan memberikan donat dengan bahan dasar ubi Ungu penarget cara membuat donat ubi ungu ini. Berikut Adalah Cara Membuat Donat Ubi Ungu. 

Bahan:

  • 500 gram ubi ungu
  • 1/2 kg tepung terigu
  • 100 gram gula halus
  • 2 sdm mentega
  • 40 gram susu bubuk
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt ragi instan
  • Minyak Goreng

 

Cara Membuat:

  • Bersihkan ubi ungu dan rebus hingga matang.
  • Angkat dan dinginkan, kemudian haluskan ubi ungu.
  • Masukkan ubi dalam baskom yang cukup besar, tambahkan tepung terigu, gula halus, mentega, susu bubuk, telur, vanili dan ragi instan.
  • Aduk semua bahan sampai kalis dan tidak menggumpal.
  • Setelah itu diamkan adonan selama 15-30 menit sampai adonan mengembang.
  • Bentuk adonan donat seperti Donat umumnya.
  • Diamkan lagi selama 30 menit.
  • Goreng donat hingga cokelat keemasan dengan api yang sedang jangan terlalu besar agar tidak gosong dan juga lebih matang.
  • Tata donat dan beri topping sesuai selera.

 

Catatan

Pastikan bersikan ubi ungu dengan benar, lalu adonanelasi semua tercampur dengan baik, waktu penggorengan mengatur api jangan terlalu besar agar hasil lebih bagus.

 

 

Jadi gimana, mudah bukan cara buat jadi bisa membantu ini buat bisa kita buatkan resep buat teman dan kerabat kamu agar teman dan kerabat kamu gak salah buat donat asli ini.

Apabila ada kesulitan dalam pembuatan donat bisa tanya kan kepada kami langsung lewat kolom komentar di bawah dan jangan takut dan malu ya hehehe, semoga artikel ini bermanfaat Terimakasih.

Admin
Anti Ribet adalah situs yang memberi kemudahan agar seseorang yang tidak mau ribet bisa menyelasaikan masalahnya dengan melalui situs ini, situs kami ini memberikan banyak pengetahuan mulai dari kesehatan, doa-doa, resep masakan dan juga bnyak lagi.
http://antiribet.com

One Reply to “10 Resep Cara Membuat Donat Yang Enak dan Empuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *